Site icon Kargah – Situs Seni Serta kebudayaan Iran

Budaya Menakjubkan Di Iran Yang Harus Anda Lihat

Budaya Menakjubkan Di Iran Yang Harus Anda Lihat – Iran pernah menjadi jantung Kekaisaran Persia besar yang membentang dari Yunani sampai ke Cina. Situs budaya Iran penuh dengan sejarah yang kaya ini, penuh dengan ubin warna-warni dan prestasi teknik yang menakjubkan.

Budaya Menakjubkan Di Iran Yang Harus Anda Lihat

kargah – Meskipun negara ini memiliki dua puluh Situs Warisan Dunia UNESCO, Iran bukanlah tujuan wisata utama karena situasi politiknya, karena negara itu tentu saja tidak kekurangan daya tarik. Dengan peradaban yang berusia lebih dari 5.000 tahun dan warisan budaya yang kaya dan unik, permata arsitektur ini menampilkan penguasaan atas geometri dan desain yang menandainya tidak hanya sebagai sorotan warisan budaya Iran, tetapi juga kemanusiaan.

Namun, situs-situs ini memberikan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang negara ini daripada hanya apa yang kita lihat di berita. Bahkan jika Anda tidak berencana untuk berkunjung, Anda masih dapat mengagumi 13 situs budaya menakjubkan di Iran ini.

Baca Juga : Budaya dan Kebiasaan Iran

Persepolis, Shiraz

Terletak di timur laut Shiraz adalah ibu kota kuno Kekaisaran Achaemenid . Berasal dari tahun 515 SM, Persepolis (“kota Persia” dalam bahasa Yunani) akan dikenal sebagai Parsa oleh orang Persia kuno, dan merupakan salah satu situs budaya paling terkenal di Iran. Meskipun kota ini sekarang berada dalam reruntuhan, Anda masih dapat mengagumi bangunan kolosal yang dipenuhi pahatan relief banteng, singa, makhluk mitos , tiang besar, dan tangga marmer megah.

Masjid Shah, Isfahan

Juga dikenal sebagai Masjid Kerajaan atau Masjid Imam, ini adalah salah satu pemandangan paling terkenal di Iran. Dibangun pada masa Dinasti Safawi di Naghsh-e Jahan Square, keindahannya berasal dari ubin mosaik tujuh warna dan prasasti kaligrafi. Masjid Shah adalah salah satu mahakarya arsitektur Islam di Iran.

Masjid Nasir Al-Mulk, Shiraz

Masjid abad ke-19 ini seperti kotak permata. Interior yang tenang dipenuhi dengan kaleidoskop cahaya warna-warni saat matahari terbit. Meskipun ini sendiri membuatnya layak untuk dikunjungi, jendela kaca patri bukan satu-satunya fitur unik masjid. Ubin interiornya yang berwarna mawar juga memberinya julukan Masjid Merah Muda .

Kuil Imam Reza, Masyhad

Salah satu situs paling suci di Iran, ini adalah masjid terbesar di dunia. Masjid ini menampung makam Imam Reza, Imam Syiah kedelapan, serta banyak tokoh agama penting lainnya. Di sini juga terdapat deretan masjid, madrasah, dan museum yang berisi artefak sejarah yang tak ternilai harganya.

Istana Golestan, Teheran

Istana Golestan adalah bekas kompleks kerajaan dinasti Qajar . Kompleks ini dibangun pada abad ke-18 dan ke-19. Itu dipenuhi dengan taman dan berbagai bangunan kerajaan yang dulunya berada di dalam “arg” atau dinding benteng Teheran. Sayangnya, banyak bangunan dihancurkan oleh Reza Shah antara tahun 1925 dan 1945.

Shah Cheragh, Shiraz

Bangunan ini mungkin terlihat seperti monumen pemakaman yang tidak curiga di luar, tetapi interiornya yang berkilauan membawa Anda ke dunia lain. Bagian dalamnya dilapisi dengan ubin kaca yang memantulkan cahaya ke segala arah, dan desain geometris rumit yang menciptakan pertunjukan cahaya dunia lain yang menakjubkan. Monumen ini telah menjadi situs ziarah sejak abad ke-14.

Menara dan Benteng Bam, Provinsi Kerman

Kota gurun kuno Bam adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di provinsi Kerman. Berasal dari 2.000 tahun ke Kekaisaran Parthia, benteng, Arg-e Bam, adalah bangunan adobe terbesar di dunia. Sementara itu ditinggalkan setelah invasi Afghanistan tahun 1722, kota ini perlahan-lahan dihuni sekali lagi.

Exit mobile version