Mengenal Budaya Syair Negara Iran

Mengenal Budaya Syair Negara Iran

Mengenal Budaya Syair Negara Iran – Iran merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Barat. Negara yang memiliki ibu kota bernama Teheran tersebut merupakan negara yang sebagian besar penduduknya memeluk agama muslim, dimana 90% adalah Syiah dan 8% adalah Sunnah Wal Jamaah. Negara Iran juga dikenal sebagai negara Persia dan menjadi salah satu negara kuno dengan beragam kebudayaan dan kesenian kuno yang hingga sekarang masih di lestarikan. Jika anda mengunjungi negara tersebut, anda akan melihat banyak lokasi wisata budaya dengan bangunan bergaya kuno dan peninggalan sejarah Timur Tengah kuno pada negara tersebut. Ragam kebudayaan dan kesenian tersebut bukan hanya berasal dari bangsa Persia saja namun juga ada kebudayaan bangsa Arzebaijan yang jumlah penduduknya sekitar 16%, kebudayaan dari bangsa Kurdi yang jumlah penduduknya sekitar 10% dan bangsa Lorestan yang jumlah penduduknya sekitar 6%. Dengan ragam penduduk yang menempati dalam satu negara tersebut, tidak mengherankan jika negara tersebut memiliki ragam kebudayaan dan kesenian yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Salah satu kebudayaan populer yang saat ini masih dilestarikan dan menjadi budaya yang melekat erat dengan kehidupan masyarakat negara Iran adalah budaya mengenai syair. Dalam negara Iran, syair menduduki peringkat mulia dalam budaya Iran. Hampir seluruh orang dalam negara tersebut dapat mendeklamasikan baris-baris syair dari syair Persia terkenal dan menjadi salah satu pelajaran yang diajarkan dalam pendidikan. Syair sudah menjadi budaya dalam masyarakat, bahkan tidak sedikit ahli sufi atau puitis-puitis negara Iran beserta karya-karyanya yang terkenal hingga keluar negeri. Bahasa resmi yang digunakan dalam negara tersebut adalah bahasa Persia yang sudah digunakan sejak dahulu sehingga memunculkan banyak syair kuno sebelumnya yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Persia, salah satu syair yang terkenal adalah syair Shahnameh karya penyair Ferdowsi, yang merupakan syair para raja atau mengenai sejarah negara Iran. Selain budaya syair yang berkembang dalam masyarakat hingga memunculkan banyak budayawan dan ahli sufi, bidang kesenian negara Iran juga tidak kalah hebatnya. Sastrawan Negara Iran yang paling terkenal adalah Rumi dan Saadi yang merupakan ahli sufi sekaligus sastrawan dari salah satu pemain yang telah banyak menyumbangkan karya-karya puisi sufinya kepada kesusastraan Iran.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa pelajaran mengenai syair juga dimasukan kedalam mata pelajaran sekolah dan para siswa sejak kecil sudah diajarkan mengenai syair-syair yang banyak digunakan oleh para ahli sufi dari masa kuno hingga saat ini. Sehingga tidak mengherankan jika banyak ahli sufi terkenal yang lahir dari negara tersebut. Selain pembelajaran mengenai syair yang menjadi budaya dalam masyarakat tersebut, budaya lainnya yang masih melekat erat dimasyarakat negara Iran hingga saat ini adalah budaya menghafalkan ayat-ayat dalam kitab suci. Hal tersebut merupakan hal wajib bagi setiap warga negaranya untuk bisa membaca dan memahami segala ayat yang terkandung dalam kitab suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *