Mengenal Pertunjukan Kesenian Negeri Iran

Mengenal Pertunjukan Kesenian Negeri Iran

Mengenal Pertunjukan Kesenian Negeri Iran – Teater merupakan salah satu wujud kesenian suatu masyarakat yang mempertunjukan segala cerita yang ada dalam masyarakat tersebut. Teater dimainkan secara berkelompok dengan cerita yang sudah ditentukan. Cerita teater sendiri bisa dibuat atau mengambil cerita yang ada pada masyarakat dan membawakannya dalam aksi di panggung sehingga orang lain dapat menonton dan meyaksikan pertunjukan aksi tersebut. Pertunjukan kesenian teater tidak hanya ditampilkan sebagai wujud apresiasi dari cerita yang ada saja namun digunakan sebagai media penghibur bagi masyarakat dan media penyampaian pesan moral kepada setiap individu. Setiap negara memiliki yang namanya pertunjukan teater.

Namun pertunjukan teater tersebut akan berbeda pada setiap negara dan disesuaikan dengan budaya masyarakat yang ada pada negara tersebut. sebagai contoh pertunjukan kesenian teater yang ditampilkan pada negara Iran. Negara Iran merupakan salah satu negara dengan pemeluk muslim terbanyak dan berada di kawasan Timur Tengah. Negara tersebut memiliki sejarah kebudayaan dan seni yang sangat panjang sehingga pertunjukan teater yang ada dari dahulu masih dilestarikan hingga sekarang. Berikut beberapa pertunjukan kesenian negara Iran yang masih ada hingga sekarang.

• Naqqali
Naqqali merupakan teater asal negara Iran yang menceritakan suatu kisah tertentu saja dan digelar dalam suatu panggung pertunjukan yang menarik sesuai dengan ceritanya.

• Kheimeh Shab Bazi
Teater atau pertunjukan lain yang berkembang dalam masyarakat Iran adalah kheimeh shab bazi atau yang bisa disebut dengan teater pertunjukan bonek. Dalam pertunjukan seni tersebut, penonton segala usia dapat menyaksikannya karena memiliki usnur cerita yang umum dan memiliki pesan moral yang tinggi dan ajaran kehidupan agar saling hidup berdampingan dengan baik dan rukun.

• Siah Bazi
Siah Bazi merupakan salah satu pertunjukan kesenian bertemakan politik yang dikemas dalam wujud komedi. Dalam pementasan tersebut, akan diceritakan mengenai politik negara yang berlangsung namun tidak menghadirkan situasi yang menegangkan malah justru memberikan komedi dalam ceritanya. Pertunjukan kesenian dengan bertemakan komedi politik tersebut dibuat agar masyarakat tidak merasa takut atau merasa tertekan dengan segala peraturan yang dibuat oleh pemerintah negara Iran.

• Ru Howzi
Pertunjukan kesenian lainnya yang tidak kalah menariknya dalah pertunjukan teater klasik Ru Howzi. Pertunjukan tersebut memiliki tema mengenai kehidupan rumah tangga namun dikemas dalam aksi yang lucu dan mengundang jenaka penonton. Dalam pertunjukan tersebut tidak akan dimasukan unsur seksualitas dan justru menampilkan keharmonisan sebuah keluarga sebagaimana mestinya.

• Shahnameh Khaani
Shahnameh dikenal sebagai suatu syair terkenal yang menceritakan tentang raja atau sejarah negara Iran tersebut dengan raja atau pemimpin negara sebagai pemeran utamanya. Shahnameh Khaani merupakan pertunjukan Shahnameh yang dihadirkan dengan pertunjukan cerita dan juga menyanyi. Para aktor yang terlibat akan menyayikan lagu seraya menceritakan cerita dalam syair tersebut. Pertunjukan kesenian ini terbilang cukup populer karena berasal dari syair yang terkenal.

• Rowzeh Khani
Rowzeh Khani merupakan salah satu pertunjukan kesenian yang menampilkan cerita mengenai kedukaan. Cerita kedukaan yang disajikan bisa mengenai kedukaan negara atau kedukaan seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *